Apa sih itu RFID Reader ?

RFID Reader merupakan alat pembaca RFID TAG. Ada dua macam RFID READER yaitu READER PASIF (PRAT) dan READER AKTIF (ARPT).

READER PASIF memiliki sistem pambaca pasif yang hanya menerima sinya radio dari RFID TAG AKTIF (yang dioperasikan dengan barrety/sumber daya). Jangkauan penerima RFID PASIF bisa mencapai 600 meter. Hal ini memungkinkan aplikasi RFID untuk sistem perlindungan dan pengawasan aset.

READER AKTIF memiliki sistem pembaca aktif yang memancarkan sinyal interogator ke TAG dan menerima balasan autentikasi dari TAG. Sinyal interogator ini juga menginduksi TAG dan akhirnya menjadi sinyal DC yang menjadi sumber daya TAG PASIF.


Berdasarkan mobilitasnya RFID Reader dibedakan menjadi :

  • Mobile RFID Reader/Terminal.
Dalam hal ini users yang akan membawa Reader menghampiri items/tags.
RFID Reader



  • Vehicle Mounted RFID Reader.
Reader disini akan dipasangkan pada kendaraan / forklift yang dipakai untuk kegiatan peletakkan / put-away maupun pengambilan / picking dari pallet atau barang yang telah dilekatkan RFID tag.

  • Fixed RFID Reader
Dipakai untuk aplikasi yang merapkan “Fixed Reading Gate”. Dalam hal ini item secara fisik akan di bawa melalui /ke dalam area baca dari reader yang bersifat stasioner, di sini secara prinsip berlaku “item menghampiri reader”


Dalam hal ini Antena merupakan unsur yang penting untuk menentukan jarak baca antara Reader dengan RFID tag dan juga seberapa luas area pembacaan, yang perlu diperhatikan yaitu Penguatan antena, Polarisasi gelombang (circulaly/linearly), Bentuk antena (Direct atau Omni).

Dibawah ini contoh Blog Rangkaian RFID Reader

Diagram Blog RFID


Contoh - Contoh Penerapan Reader RFID dalam Industri :
Assembly Line

Shipping Portals

Handheld Applications




Previous
Next Post »